Satyaku ku darmakan, darmaku kubaktikan

PERSAMISE ( Perkemahan Sabtu Minggu Senin )
Satyaku kudarmakan, darmaku kubaktikan





Nama                     : Nida Millati Robbiha
NIM                       : 153400533
Kelas                      : BKI 5 C



Sabtu, 21 Oktober sampai dengan Senin, 23 Oktober 2017 saya menjadi panitia dalam acara PERSAMISE ( Perkemahan Sabtu, Minggu, Senin ) Yayasan Pendidikan Islam Pondok Pesantren Nur El Falah Kubang sekaligus memperingati hari santri Nasional. Acara tersebut diadakan di Kecamatan Pasauran, Carita Pandeglang Banten.

Acara tersebut berlangsung selama 3 hari 2 malam. Hari pertama tepatnya hari Sabtu pagi jam 09.00 WIB anak-anak bersiap-siap berangkat dari YPI Nur El Falah menuju tempat tujuan. Sesampainya di sana sekitar pukul 12.30 para peserta dan panitia beristirahat sambil bersiap-siap untuk melaksanakan shalat Dzuhur berjama’ah. Setelah selesai melaksanakan shalat Dzuhur peserta dan panitia bersiap-siap untuk melaksanakan apel pembukaan. Setelah apel pembukaan berakhir, peserta beserta panitia bersiap-siap untuk melaksanakan shalat Ashar berjama’ah.

Pada hari kedua, acara dilanjut dengan kegiatan perlombaan yaitu, lomba tahfidz, lomba adzan, lomba cerdas cermat, dan lomba membuat yel-yel. Setelah acara perlombaan selesai kegiatan selanjutnya yaitu para peserta perkelompok membuat obor untuk malam hari. Dalam kegiatan di malam hari diadakan pawai obor untuk mengingatkan masyarakat sekitar bahwa Minggu 22 Oktober merupakan peringatan hari santri Nasional. Peran saya sebagai panitia hanya mengawasi anak-anak sambil memantau kegiatan/acara yang sedang berlangsung.

Malam hari atau puncak acara merupakan yang paling ditunggu, dalam acara ini selain melakukan pawai obor kami juga melakukan kegiatan api unggun. Acara ini membuat semangat para peserta memuncak. Saya sangat senang melihat kekompakan serta kegembiraan para peserta mengikuti acara ini. Canda tawa sangat dirasakan oleh saya dan panitia lainnya serta para peserta khususnya. Setelah kegiatan api unggun usai, dilanjutkan dengan kegiatan pentas seni. para peserta perkelompok menampilkan potensi/ aksi yang telah mereka siapkan sebelumnya. Semua orang merasakan kebahagiaan pada saat itu. Yang sedang memiliki masalah, galau, serta rasa penat yang dirasakan pasti hilang pada saat itu. Sambil menikmati penampilan para peserta kehangatanpun terasa, tidak hanya dari api unggun tetapi kehangatanpun dirasakan dari terjalinnya kebersamaan antar peserta dan panitia.

Jujur saja, ini merupakan kali pertama saya terlibat dalam acara yayasan yang dinaungi keluarga. Sebelumnya saya tidak pernah terlibat dalam kegiatan apapun di yayasan, hanya acara ini membuat saya tertarik untuk terlibat karena dilakukan di pesisir pantai.

Selain pengalaman pertama, dalam acara ini saya mendapatkan pelajaran yang berharga yaitu merasakan pentingnya komunikasi yang baik dalam suatu ruang lingkup masyarakat. Disini, tidak hanya antara panitia dan peserta tetapi dengan masyarakat sekitar yang ikut membantu kelancaran ini. Karena daerah Carita merupakan penduduk yang menggunakan bahasa Sunda, hal ini memudahkan saya untuk lebih akrab.

Tiba di hari Senin, 23 Oktober 2017 penutupan acara PERSAMISE Yayasan Nur El Falah. Pagi hari kami memulai kegiatan dengan senam setelah sholat subuh berjamaah, sarapan lalu apel yang dilanjut oleh acara penutupan, apel ini dilakukan di pesisir pantai. Di hari terakhir ini suasana terasa semakin meriah karena di akhir penutupan setiap kelompok peserta diminta menyanyikan yel-yel yang sebelumnya dilombakan, dengan suara yang sama-sama tidak ingin kalah. Dalam acara penutupan ini keakraban peserta dan panitia pun terjalin, setelah melakukan salam-salaman. 

Senyum bahagia terlihat dari raut wajah para peserta karena ini merupakan hari di mana mereka kembali ke yayasan. Senyum bahagia pun saya rasakan, karena acara berjalan dengan lancar. Tidak ada hambatan yang serius dalam acara ini, meskipun ini merupakan kali pertama saya menjadi panitia sie acara PERSAMISE Yayasan Nur El Falah.

Harapan saya, semoga ke depannya saya bisa merasakan pengalaman-pengalaman menarik lainnya. Selain itu, semoga acara perkemahan selanjutnya akan jauh lebih menarik dari sekarang dan sebelumnya.







Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengenal tasawuf lebih dalam dengan 3 buku ini

Ahli Hikmah ( Ruqyah )

Jurusanku dan masa depan yang cerah menceriakan