Konseling Kelompok dengan pendekatan pambacaan do'a akhir dan awal Tahun





Laporan ini dibuat untuk memenuhi salah satu tugas individu mata kuliah Konseling Nabawi. 

Nama                           : Nida Millati Robbiha
NIM                            : 153400533
Jurusan                        : Bimbingan dan Konseling Islam
Semester/Kelas            : V ( Lima ) C
Dosen Pengampu        : Ahmad Fadhil, Lc., M. Hum.


A. Profil Lembaga / Tempat Praktek

Kegiatan perayaan hari besar islam yang diselenggarakan oleh  kelompok saya yaitu  di adakan di kampung Nagreg, Desa Ciketuk, kecamatan Ciomas, Kabupaten Serang Provinsi Banten. Di kampung tersebut terdapat 72 kepala keluarga yang mayoritas penduduknya bekerja sebagai petani dan pedagang. Kampung tersebut dipimpin oleh pak Bahrudin sebagai ketua RT di kampung tersebut.

Di kampung Nagrek sebelumnya belum pernah mengadakan perayaan tahun baru Hijriyah, mengadakan pawai obor dan kegiatan-kegiatan lainnya. Maka dari itu kegiatan yang di adakan oleh saya dan teman-teman lainnya begitu meriah, masyarakat yang antusias mengikuti setiap kegiatan yang diselenggarakan terutama anak-anak kecil di kampung tersebut begitu bersemangat.

B. Persepsi Masyarakat tentang Pembacaan Do'a akhir dan Awal Tahun pada perayaan Tahun Baru Hijriah

Persepsi masyarakat tentang pembacaan do’a akhir dan awal tahun baru Hijriyah kemarin yang dibacakan oleh ketua pelaksana yaitu Aldi Reihan mendapat tanggapan yang cukup baik. Masyarakat di sana senang dengan kegiatan yang kami adakan, karena dengan adanya kegiatan tersebut serta dengan adanya pembacaan do’a akhir dan awal tahun baru Hijriyah bersama-sama, masyarakat yang biasanya tidak pernah membaca do’a akhir dan awal tahun jadi ikut membaca do’a, yang belum mengetahui do’a akhir dan awal tahun menjadi tahu. Selain itu dengan adanya pembacaan do’a akhir dan awal tahun bersama-sama lebih mempererat tali silaturahmi.

C. Deskripsi Pelaksanaan Pembacaan Do'a Akhir dan Awal Tahun pada perayaan Tahun Baru Hijriah

Pelaksanakan kegiatan perayaan tahun baru Hijriah pada awalnya akan diselenggaran di salah satu pondok npesantren yang berada di daerah Petir. Namun karena begitu banyak hambatan yang kami alami, akhirnya kamipun membicarakan kembali bersama-sama dan diputuskan kegiatan tersebut di selenggarakan di Kampung Nagreg Kecamatan Ciomas. Sebelum saya dan teman-teman lainnya berangkat menuju tempat pelaksanaan kegiatan, terlebih dahulu kami berkumpul untuk membicarakan mematangkan persiapan perayaan tahun baru tersebut. Setelah itu sekitar jam 14.00 dari kampus, namun karena saya dan satu teman kelompok saya mengendarai motor dan cuaca tidak mendukung, tak jauh setelah saya dan teman saya berangkat menuju tempat tujuan, di perjalanan turunlah hujan, dan akhirnya kamipun mencari tempat untuk meneduh menunggu hujan reda. Setelah hujan reda, kamipun melanjutkan perjalanan menuju tempat kegiatan. Sekitar jam 16.00 kamipun tiba di tempat tujuan. Kami beristirahat sejenak sebelum mempersiapkan untuk acara malam harinya. Waktu shalat Isya pun tiba dan kami bergegas shalat dan langsung menyiapkan acara pembukaan sekaligus pembacaan do’a awal tahun yang dipimpin oleh saudara Aldi Reihan selaku ketua pelaksana.

Setelah acara pembukaan dan pembacaan do’a selesai, panitiapun langsung bersiap untuk membariskan anak-anak dan mengatur warga-warga yang hendak mengikuti pawai obor. Alhamdulillah, ternyata antusias warga di sana begitu luar biasa, banyak sekali anak-anak kecil dsan warga yang datang untuk mengikuti pawai obor. Setelah semua siap, kamipun mulai berjalan melewati rumah-rumah warga, melewati kampung demi kampung, sambil membawa obor kamipun bershalawat selama pawai obor berlangsung. Tak terasa kami berjalan cukup jauh dan malampun semakin larut, akhirnya kamipun mengarahkan anak-anak dan para warga yang mengikuti pawai obor untuk memutar balik dan kembali ke tempat awal berkumpul.

Setelah kegiatan pawai obor selesai, anak-anak dan para wargapun beristirahat sejenak sebelum melanjutkan acara berikutnya yaitu nonton bersama ( nobar ). Sambil menunggu persiapan nobar selesai beberapa panitia lain membagian makanan ringan dan minuman. Nobarpun dimulai film pendek diputar dengan durasi sekitar 15 menit, anak-anak begitu menikmati film yang diputar tersebut sambil memakan makanan yang telah dibagikan sebelumnya. setelah selesai melihat film yang telah diputar, beberapa panitia memberikan informasi kepada anak-anak sebelum mereka pulang ke rumahnya masing-masing. Panitiapun menginfokan bahwa besok akan ada kegiatan senam pagi dan beberapa lomba dengan hadiah-hadiah menarik bagi yang mendapatkan juara. Setelah selesai anak-anakpun pulang ke rumahnya masing-masing dan para panitiapun beristirahat untuk persiapan kegiatan esok hari.

Adzan shubuh berkumandang, kamipun bergegas untuk melaksanakan shalat shubuh dan bersiap-siap untuk kegiatan selanjutnya. Setelah sarapan pagi kamipun sebagai panitia berkumpul dan beberapa panitia lain membereskan barisan anak-anak untuk memulai senam pagi. Senam pagipun dimulai, anak-anak dan para warga yang mengikuti senam pagi terlihat senang dan mengikuti instruktu senam yang berada di barisan paling depan, termasuk sayapun menjadi instruktur senam pagi itu. Setelah senam pagi selesai, beberapa panitia membagikan roti dan minuman kepada anak-anak dan para warga yang sedang beristirahat. Setelah itu, para panitiapun bersiap-siap untuk melaksanakan lomba-lomba yang telah diinfokan. Lomba-lomba itu di antaranya ada lomba mewarnai, lomba adzan dan lomba tahfidz. Perlombaan-perlombaan tersebut dilaksanakan serentak dalam satu waktu.

Perlombaanpun berjalan dengan lancar. Setelah perlombaan selesai, sambil menunggu para juri memutuskan hasil akhirnya, beberapa panitia mengumpulkan anak-anak dan para warga untuk melaksanakan acara penutupan kegiatan. Acara penutupanpun dimulai, sebelum pak Madhadi selaku tokoh agama setempat membacakan do’a, panitiapun mengumumkan juara-juara dari perlombaan-perlombaan yang telah dilaksanakan. Setelah semua hadiah dibagikan, pak Madhadipun memimpin untuk berdo’a bersama-sama. Setelah selesai kamipun foto bersama anak-anak dan para warga lainnya. Setelah itu merekapun kembali ke rumah masing-masing dan panitiapun bersiap-siap untuk kembali pulang.

 D. Deskripsi persepsi Masyarakat dan Mahasiswa terhadap Kegiatan Pembacaan Do'a Akhir dan Awal Tahun pada Perayaan Tahun Baru Hijriah

Persepsi masyarakat terhadap kegiatan perayaan tahun baru hijriyah mendapatkan respon yang baik. Mereka begitu senang atas kegiatan yang telah kami selenggarakan tersebut. Dan mereka berharap tahun-tahun berikutnya bisa seperti ini lagi. Karena memang kegiatan seperti ini belum pernah diadakan sebelum-sebelumnya.

Sedangkan dari mahasiswa sendiri khususnya saya, sangat senang melaksanakan kegiatan tersebut. Bisa berbaur dengan masyarakat, melakukan konseling dengan anak-anak di sana, mendapatkan pengalaman yang luar biasa. Terima kasih kepada dosen pengampu mata kuliah konseling nabawi yakni bapa Ahmad Fadhil, Lc., M. Hum yang telah memberikan tugas yang sangat bermanfaat ini.

Harapan-harapan baik di Tahun baru ini. Semoga kita semua menjadi pribadi yang lebih baik lagi, lebih mensyukuri atas apa yang telah Allah berikan, menghargai terhadap sesama...






Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengenal tasawuf lebih dalam dengan 3 buku ini

Ahli Hikmah ( Ruqyah )

Jurusanku dan masa depan yang cerah menceriakan